6 Momen Tak Terduga Dialami Selebritas saat Naik Haji 2024

Selama musim haji 2024 banyak cerita yang didapatkan selama berada di Tanah Suci. Ada juga kejadian yang tak terduga dialami oleh para selebritas.

detikHOT merangkum ada enam kejadian yang dialami selebritas Indonesia saat menunaikan ibadah haji tahun ini. Pengalaman ini ada yang dirasakan secara personal.

1. Naik Taksi dan Nyasar

Influencer dan selebgram Fadil Jaidi menceritakan pengalamannya saat naik taksi dan nyasar sendirian di Makkah. Fadil Jaidi menjalankan haji tamattu dengan melakukan umrah terlebih dulu saat sampai di Makkah dan mempunyai waktu bebas lima hari.

Selebgramn berusia 29 tahun itu asyik berjalan-jalan sendirian dan ingin ke Masjidil Haram dari hotel dengan menggunakan transportasi taksi online.

Di tengah cuaca panas Makkah sekitar 40 derajat celcius, Fadil Jaidi diturunkan sebelum tiba di Masjidil Haram. Ternyata taksi tak bisa masuk sampai dalam.

“Dan sekarang aku diturunin di pinggir jalan demi apa pun taksi onlinenya nggak boleh masuk sini, tolong kabarin ke orang-orang aku nyasar di Arab,” ucap Faidil Jaidi dalam video yang dibagikannya dalam Instagram.

“Akhirnya aku jalan jauh sampai ketemu bukan taksi online, dan itu boleh lewat. Aku berhentiin taksi akhirnya dapat,” kata Fadil lagi.

Dia dibuat kaget karena di dalam taksi tersebut sudah ada dua penumpang lainnya. “Aku baru tahu kalau di Makkah, satu taksi itu bisa ramai-ramai sama orang yang nggak kita kenal, jadi kalau tujuannya sama dibarengin. Dan aku satu taksi sama orang nggak kenal aku diam aja lihatin jendela. Pas aku setopin taksinya aku juga kaget, lah kok ada orang, tapi sopirnya berhenti, terus sopirnya nyuruh geser ke penumpang belakang,” ceritanya.

2. Disetop Askar karena Dikira Calo

Raffi Ahmad juga pengalaman tak terlupakan saat pasang badan demi ibu, mertua, istri, dan adik-adiknya bisa sampai di Multazam. Berhasil membawa keluarganya ke multazam, Raffi Ahmad justru disetop askar karena diduga calo atau orang yang menjual jasa agar jemaah bisa mencapai Multazam hingga hajar aswad.

Sebelumnya, Raffi Ahmad dan karyawannya mau jalan pada malam hari. Akan tetapi, menuruti perkataan ibunda, Amy Qanita untuk pergi bersama setelah subuh.

“Ya sudah karena ibu yang minta, gue malam nggak berangkat. Habis subuh gue berangkat langsung ke Multazam. Alhamdulillah dapat masukin Mama Ami, Mama Rieta, sama si Prio tuh semua adik-adik gue, istri gue masuk,” kata Raffi Ahmad di FYP Trans7 dalam sambungan telepon.

Namun, ketika Raffi Ahmad ingin masuk ke Multazam justru dihadang oleh askar. Askar mengira Raffi Ahmad adalah calo.

“Pas giliran gue mau masuk, sama askarnya dikira…, ‘Hei kamu taksi ya? kamu taksi ya?’ Dikira gue calo. Jadi hari itu gue ya sudah nggak (masuk),” cerita Raffi Ahmad.

3. Jemur Pakaian Bareng Jemaah Lain

Tantri Kotak tahun ini juga menunaikan ibadah haji bersama suami, Arda Naff. Jelang wukuf di Arafah, Tantri membagikan cerita ketika dirinya harus pindah ke apartemen transit.

Sebelumnya Tantri dan Arda menginap di hotel berbintang dengan latar Masjidil Haram. Pindah ke hotel transit dalam cerita yang ditulis Tantri di akun Instagramnya, karena mendekati rukun haji jutaan manusia akan melakukan pergerakan, di apartemen transit mereka lebih mudah diangkut oleh bus dengan jalur yang sudah diperhitungkan.

Di apartemen, kami berdua terpisah kamar, gak sepasang lagi, sekamar diisi berapa orang disatukan dgn jamaah lain. Tujuannya biar gak kaget nanti tumplek blek ditenda,” tulis Tantri dalam unggahannya pada 5 hari lalu.

Salah satu momen yang Tantri dan Arda bagikan adalah mereka mencuci baju sendiri dan menjemur di rooftop apartemen bersama dengan cucian jemaah lainnya.

Orang rumah video call kaget kok lagi nyuci, mungkin dipikir disini isinya berdoa terus, padahal ada gilirannya umbah-umbah, makan, ngeteh ngopi, istirahat. Ada waktunya bicara ada waktunya untuk lebih memilih diam. Ada waktu pula harus tahu diri berbagi jemuran dgn yg lain, harus sadar diri kalau ngambil makanan itu secukupnya gak ngawur dan ujungnya dibuang-buang, mesti sabar ngantri lift, gak bisa egois rebutan remote ac jadi harus musyawarah dgn teman sekamar yg tahan dingin dan gak tahan ac mesti cari jalan tengah. Tahu diri dan berhubungan baik dengan manusia lainnya, jangan lupakan kalau itu juga bentuk ibadah,” jelas Tantri.

4. Doa di Multazam

Deretan selebritas berbagi cerita hingga bisa berdoa di Multazam. Selain Raffi Ahmad dan keluarga, ada Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah yang juga membagikan cerita bisa berdoa di Multazam.

Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah bersamaan bisa menyentuh dinding Ka’bah pada bagian Multazam.

“Astaghfirulloh hal adzim Forgive Me Allah. Saat tua nanti kau ambil nyawaku, ambillah disaat aku Bersujud kepadamu #JumatBerkah,” tulis Aurel dan Atta di akun Instagram mereka.

5. Cium Hajar Aswad

Selain Multazam, Aurel Hermansyah juga mendapat kesempatan mencium Hajar Aswad. Dalam video yang diperlihatkan dalam aku mendia sosialnya, Aurel mendapat waktu yang cukup lama untuk mencium Hajar Aswad.

Tak mudah memang untuk bisa mencium Hajar Aswad karena harus berdesakan dengan jutaan jemaah haji lainnya. Itu juga yang dilakukan Aurel Hermansyah dan Atta.

Dalam video yang dibagikan di akun TikTok Atta Halilintar terlihat ia dan Aurel Hermansyah perlahan berhasil merangsek ke dekat dinding Ka’bah atau yang disebut juga Multazam dan kemudian mereka bisa mendekati Hajar Aswad.

Selain Aurel, Ria Ricis juga mendapat kesempatan sulit itu. “Aku ManusiaMu yang banyak dosa ya Allah,” tulis Ria Ricis ketika berhasil mencium Hajar Aswad.

6. Hujan di Tanah Suci

Senin (17/6/2024) Makkah diguyur hujan setelah sebelumnya ada peringatan waspada heat stroke. Hujan yang dianggap mendatangkan berkah ini disambut gembira.

Dalam unggahan Instagram Stroy Wirda Mansur, dia memperlihatkan jemaah keluar tenda dan mengabadikan momen hujan turun itu.

Rame-rame pada keluar ternyata hari ini di Mekkah hujan Masyaallah.. padahal kemarin terik luar biyyasaaaahh,” tulis Wirda Mansur.

Wirda menceritakan semua jemaah langsung berdoa di luar tenda. “Langsung pada berdoa di waktu mustajab,” tulisnya.

Dontita dan Adi Nugroho juga membagikan video saat mereka berdoa di luar gedung ketika hujan turun di Makkah.

Related Posts

Cinta Penelope Sakit Usai Hijrah: Tuhan Lagi Hapus Dosaku

Artis Cinta Penelope sudah 5 tahun sakit kanker. Ia mengakui apa yang dialami terjadi seusai hijrah. Pelantun Keong Racun itu meyakini sakit yang diidap adalah cara Tuhan menghapuskan dosanya. Ia pun selalu…

Polisi Ungkap Asal Masalah Kimberly Ryder Laporkan Suami Dugaan Penggelapan

Artis Kimberly Ryder telah melaporkan sosok yang diduga adalah sang suami, Edward Akbar, dan satu orang berinisial NL perihal dugaan penggelapan satu unit mobil. Laporan itu dilakukan bintang film Operation Wedding tersebut…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You Missed

Cinta Penelope Sakit Usai Hijrah: Tuhan Lagi Hapus Dosaku

Cinta Penelope Sakit Usai Hijrah: Tuhan Lagi Hapus Dosaku

Polisi Ungkap Asal Masalah Kimberly Ryder Laporkan Suami Dugaan Penggelapan

Polisi Ungkap Asal Masalah Kimberly Ryder Laporkan Suami Dugaan Penggelapan

Kimberly Ryder dan Ibu Sudah Diperiksa Polisi Soal Dugaan Penggelapan Mobil

Kimberly Ryder dan Ibu Sudah Diperiksa Polisi Soal Dugaan Penggelapan Mobil

Kimberly Ryder Setahun Minta Edward Akbar Kembalikan Mobil, Berujung Lapor Polisi

Kimberly Ryder Setahun Minta Edward Akbar Kembalikan Mobil, Berujung Lapor Polisi

Abis Gugat Cerai, Kimberly Ryder Polisikan Edward Akbar

Abis Gugat Cerai, Kimberly Ryder Polisikan Edward Akbar

Sebut Persiapan Pernikahan Sudah 80 Persen, Thariq Halilintar: Tanggalnya ….

Sebut Persiapan Pernikahan Sudah 80 Persen, Thariq Halilintar: Tanggalnya ….